Doa Setelah Shalat Duha Lengkap Bahasa Arab, Latin Dan Artinya

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, segala puji dan syukur bagi Allah swt, yang maha pengasih dan maha penyayang kepada segala makhluk ciptaannya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasul pembawa ajaran Islam, dan yang menjadi rahmat bagi semesta alam yakni Nabi Muhammad saw. Amin.

Bagi umat Islam, berdoa merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan. Karena doa, sebagaimana disabdakan Rasulullah saw "Ad-du'aa'u mukhlakul ibadah" yang artinya doa merupakan "Otak"-nya ibadah. Didalam ibadah shalat banyak bacaan yang mengandung doa, karena memang arti secara harfiah adalah "Doa". Jadi dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam tak akan lepas dari berdoa.

Selain pelaksaan shalat wajib yang dikerjakan 5 waktu dalam sehari, ada beberapa waktu shalat sunat yang dikerjakan pada waktu tertentu seperti shalat Duha, yang dikerjakan pada waktu duha, yaitu waktu antara naiknya matahari setinggi tombak (kira kira pukul 07.00 WIB) sampai tergelincirnya matahari (masuk waktu dzuhur). Dan berikut adalah doa setelah shalat duha lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Setelah Shalat Duha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

 Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Nah itulah rincian pelaksanaan shalat duha dan bacaan doa setelah shalat duha, semoga bermanfaat untuk kita semua. amin.