Bacaan Niat Shalat Istikhoroh Dan Doa Setelah Shalat Istikhoroh/Istikharah Lengkap Bahasa Arab, Latin Serta Artinya

Assalamu'alaikum.. Shalat Istikharah adalah shalat sunah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk yang baik atau jawaban kepada Allah swt terhadap suatu pekerjaan atau rencana yang masih diragukan, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum guna memperoleh keputusan yang tepat. Sedangkan untuk jumlah rakaat yang harus dikerjakan dalam shalat istikharah yaitu 2 rakaat.

Adapun waktu pelaksanaan shalat istikharah boleh siang hari ataupun malam hari. Akan tetapi waktu yang paling baik adalah pada sepertiga malam yang terakhir (antara pukul 01.00 WIB sampai menjelang waktu subuh), karena biasanya pada suasana yang hening hati akan khusyu', baik dalam shalat maupun dalam membaca doa.

Bacaan Niat Shalat Istikharah Dan Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap

Cara pelaksanaan shalat istihkarah sama halnya seperti pengerjaan shalat fardu, baik gerakan maupun bacaannya, perbedaannya hanyalah pada niat saja. Dan bacaan niat shalat istikharah adalah seprti ini :
اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA

    Artinya :
    Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala
 Untuk lebih lengkap Baca Juga : Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istihkarah Lengkap


Adapun setelah selesai shalat istikharah harus membaca doa, dan inilah lafadz doa setelah shalat istikharah yang dianjurkan :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

    Artinya :
Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Kita sebagi hamba Allah hanya mampu berdoa dan berikhtiar (berusaha), seperti apa hasilnya hanya Allah Azza Wajala yang menentukan. Dan jika ingin mendapat hasil yang baik, maka amalkanlah shalat istikharah.
Demikian penjelasan mengenai Bacaan Niat Shalat Istikharah Dan Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap yang dapat saya share untuk saudara-saudara_ku semoga bermanfaat. Amiin yaa rabbal alamin.