Doa Niat Mandi Wajib & Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Bahasa Arab, Latin Dan Arti

Assalamu'alaikum.. Doa Niat Mandi Wajib - Umat Islam diwajibkan untuk selalu bersih dari hadas kecil (yang bisa disucikan dengan berwudhu), serta hadas besar (yang bisa disucikan dengan cara mandi wajib) karena dapat menghalangi kesempurnaan kita dalam beribadah bahkan tidak sah. Dan mungkin saudara-saudara bertanya, apa yang dimaksud dengan mandi wajib? lalu apa perbedaan mandi wajib denga mandi yang biasa kita lakukan sehari-hari? bagaimana tata cara pelaksanaaan mandi wajib? bagaimana bacaan niat mandi wajib? Naah daripada semakin penasaran langsung aja simak info selengkapnya dibawah ini.

Doa Niat Mandi Wajib & Tata Cara Mandi Wajib Lengkap

Pengertian & Tata Cara Mandi Wajib

Mandi wajib juga sering disebut mandi junub, ada juga yang menyebutnya mandi besar, mandi basah, keramas. Lafadz doa mandi wajib atau mandi junub dilakukan setelah seseorang melakukan hubungan badan suami istri dan atau mengeluarkan mani. Pada dasarnya cara pelaksanaan mandi wajib maupun mandi biasa (3x sehari) sama saja. Namun perbedaannya hanya terletak pada niat, jika mandi biasa kita tidak harus mengawalinya dengan membaca niat dan bisa langsung mengguyur seluruh badan kita dengan air. Tetapi beda lagi jika kita akan melaksanakan mandi wajib harus mengawali dengan niat. Berikut lafadz bacaan niat dan tata cara pelaksanaan mandi wajib.

1. Dimulai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar. Mulailah segala sesuatu hal dengan niat. Dengan bacaan niat sebagai berikut :
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى
NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

    Artinya :
    "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala."

2.  Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok Membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.

3.  Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau dengan menggunakan sabun.

4.    Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat

5.    Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut

6.    Mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri

7.    Menyela-nyela (menyilang-nyilang) rambut dengan jari

8.    Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan, lalu kiri.

Ada beberapa faktor penyebab dimana seseorang diwajibkan untuk mandi junub (mandi wajib) diantaranya yaitu mimpi basah (untuk laki-laki), selesai menstruasi, selesai nifas, wiladah atau melahirkan (untuk perempuan) dan bersetubuh atau melakukan senggama juga diwajibkan untuk membaca niat ketika mandi (niat mandi wajib/junub), jika tidak membaca niatnya (mandi biasa saja) maka hukumnya dosa.

Demikian ulasan tentang Doa Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Bahasa Arab, Latin Dan Artinya. Mudah-mudahan dapat mudah difahami, mohon dimaafkan jika banyak kekurangan dalam penulisan atau bahasa. Harapan saya semoga bermanfaat. Amin.